Senin, 25 April 2011

Moksa

selamat datang kembali di blog saya :)

share saya kali ini adalah tentang gambar saya yang berjudul "MOKSA"
:)

gambar ini saya selesaikan pada tanggal 2 Januari 2011 :)

gambarnya seperti ini :)


"MOKSA"
handmade:
Drawing Pen + Pencil + eraser
on:
A3 paper



gambar ini saya buat mungkin karena hanya sekedar mengingatkan kembali kpada umat Hindu (bukan maksud saya untuk menggurui ataupun bermaksud kedewa-dewa-an) bahwa Moksa itu ada,
maksud saya,
kebanyakan orang saat ini hanya mengenal yang namanya Surga dan Neraka dan nyaris melupakan yang namanya Moksa..

menurut bacaan yang saya baca,
Moksa berarti pembebasan atau terbebas dari rantai kehidupan kembali atau Punarbawa, terbebas dari karma dan menyatu kepada Hyang Maha Satu yakni Tuhan atau menurut Hindu, Atma menyatu dengan Brahman (Tuhan)

Moksa merupakan suatu keadaan di mana jiwa merasa sangat tenang dan menikmati kebahagiaan yang sesungguhnya karena tidak terikat lagi oleh berbagai macam nafsu maupun benda material. 
Pada saat mencapai keadaan Moksa, jiwa terlepas dari siklus reinkarnasi sehingga jiwa tidak bisa lagi menikmati suka-duka di dunia.

Pada gambar saya diatas,
terlihat seorang wanita, wanita adalah lambang dari keindahan, kecantikan dll, disini saya ingin menunjukkan bahwa Moksa itu indah (walaupun saya belum moksa hehehehe.. saya hanya ingin mengilustrasikannya saja :) )
wanita yang tersenyum tenang dan bahagia.. maksudnya seperti penjelasan diatas, moksa adalah kebahagiaan tertinggi ketika jiwa merasa sangat tenang..
rantai yang hancur dan terlepas dari tubuh wanita berarti terlepas dari ikatan karma, tidak akan merasakan kembali rasa senang, tidak lagi merasakan takut, semua tenang..

aksara-aksara yang terlepas dari tubuh sang wanita memiliki arti sebagai berikut:
dalam kepercayaan Hindu Bali, 
tubuh manusia tersusun dari aksara-aksara Bali yang tersusun dengan rangkaian dan urutan tertentu dan tersebar diseluruh bagian tubuh manusia.
dan menurut kepercayaan umat Hindu Bali, aksara-aksara tersebut memiliki kekuatannya masing2,
dan apabila mampu menggunakan kekuatan dari aksara2 tersebut, maka kita akan memiliki kemampuan yang lebih daripada manusia biasa, hal ini banyak dibahas pada sastra-sastra Bali ataupun lontar, dan jelas, saya tidak akan membahasnya disini :)

aksara2 di atas saya susun acak,
namun 1 baris mewakili suatu bacaan..
agak rumit apabila saya jelaskan disini :)
mungkin yang saya sharingkan hanya sebatas bacaan pada aksara diatas :)

1. pertama, dari pojok kiri atas, aksara Wijaksara, dari Panca Brahma
bacaan: Sang Bang Tang Ang Ing *kembali diulang*

2. kedua, dibawah dari yang pertama, Wijaksara, Triaksara
bacaan: Ang Ung Mang *berulang*

3. dibawahnya lagi, Aksara Wreastra atau aksara yang sehari-hari digunakan oleh orang Bali,
bacaan : Ha Na Ca Ra Ka Da Ta Sa Wa La Ma Ga Ba Nga Pa Ja Ya Nya *kembali diulang*

4. dibawahnya lagi, aksara Wijaksara, Pancaksara
bacaan: Sang Bang Tang Ang Ing Nang Mang Sing Wang Yang *kembali diulang*

5. dibawahnya *dari pojok kiri bawah* , aksara wreastra, namun ini urutan yang sebenarnya dari aksara Bali, umumnya yang di ketahui oleh orang2 adalah seperti yang nmr 3,
bacaan: Ha Na Ca Ra Ka Ga Ta Ma Nga Ba Sa Wa La Pa Da Ja Ya Nya,
dibaca: Hana Caraka Gata Mangaba Sawala Pada Jayanya
arti : Ada Prajurit Amat Setia Membawa Surat Sama Kesaktiannya

6. pojok kanan bawah: Wijaksara, Panca Tirta
bacaan: Nang Mang Sing Wang Yang *kembali diulang*

7. sama dengan nomor 4.

8. sama dengan nomor 2.

9. Pada dahi wanita tersebut adalah aksara Ong atau Ong Kara yg merupakan Eka Aksara atau perlambang dari Tuhan / Ida Sang Hyang Widhi

jadi arti dari aksara2 tersebut adalah, aksara-aksara tersebut terlepas, dan melebur menjadi Eka Aksara atau melebur kepada Tuhan.

mungkin kurang lebih seperti itu maksud dari gambar saya :)

gambar ini pernah saya ikutkan pada pameran bersama teman2 dari SKETCH Bali,
itu pameran pertama saya .. hahaha..
ga pernah ikut pameran XD
yaa, itung2 tambah pengalaman :D
mereka pada ngajakin saya, ya saya manut2 ajaa.. hehehehe..
makasi buat temen2 SKETCH Bali udah ngajakin saya utk ikut pameran di Planet Holywood Bali tanggal 8 januari 2011 klo ga salah :D

ini foto2 saya bersama mereka :D

Bersama SKETCH Bali

dari kiri:
Reo RasyidiPandu, Goddes, Budi Biadab, Copz, Denu Ganteng
ini artwork-artworknya :D
Reo Rasyidi
Pandu Kraken

Goddes
Budi Biadab
mejeng bergaya XD
Senyum-senyum ga jelas :s



Sebenarnya masi ada lagi yang ikut, tapi aku ga dapet fotonya :(

trus ini foto lainnya bersama gambar ini :)


oke, sekian dulu sharing saya kali ini :)
kalau ada yang mau ditanyakan atau dikomentari, dipersilahkan :D
mari saling berbagi :)

terima kasih sudah mampir ke blog saya ini :)

regards,
Denu Sentanu,
Kuta Bali

mampir juga ke proses menggambar saya yang lain, disini 
ini gambar2 lama saya :D: disini

for foreign poeple :)
If you gonna comment this blogs, you're welcomed :D
i understand English too, but so sorry, i use my nations language on this blog, to keep the nationalism for my country :) hehehe..



Tidak ada komentar:

Posting Komentar