Senin, 02 Mei 2011

the making of "TRI PRAMANA"

ketemu lagi d blog ga jelas ini :)

share saya kali ini adalah tentang gambar saya, yg baru saja saya selesaikan, yang berjudul "TRI PRAMANA"

ini gambarnya yg sudah jadi :)

prosesnya adalah sebagai berikut :

1. (as always) colak-colek dengan cat air :D tp ini uda keburu kegambar sm drawing pen, lupa scan.. hahaha..

2. diberi linning.. pake drawing pen..

3. put more details :D

4. more details, dan finishing dengan shading putih dari cat air :D, and it's done! :D hehehe
'TRI PRAMANA"
handmade:
drawing pen + water colour


gambar ini saya buat karena ingin mengilutstrasikan seperti judulnya yakni "TRI PRAMANA",
tri pramana adalah unsur2 yg dimiliki oleh makhluk hidup,
yaitu, BAYU, SABDA dan IDEP
bayu adalah tenaga,
sabda adalah suara,
idep adalah pikiran,

dalam kepercayaan Hindu, ada makhluk hidup yang hanya memiliki 1 unsur, atau disebut dengan Eka Pramana, yakni hanya memiliki Bayu saja, makhluk tersebut adalah Tumbuh-tumbuhan. Tumbuh2an hanya memiliki kekuatan untuk terus bertumbuh namun tidak bisa berbicara (bersuara)
makhluk yang memiliki 2 unsur disebut dengan Dwi Pramana, yakni unsur Bayu dan Sabda, itu adalah para hewan. Hewan dapat bertumbuh dan bersuara. Dan makhluk yang memiliki ke-3 unsur tersebut adalah makhluk yang (katanya paling sempurna) bernama Manusia, yang memiliki Tenaga, Suara dan Pikiran (TRI PRAMANA)

pada gambar ini saya membuat objek kepala seekor singa dan kepala manusia yang berubah menjadi tumbuh2an..
maksudnya adalah ketiga unsur ini saling berkaitan, ketiga makhluk ini saling berkaitan (tumbuhan, hewan dan manusia)
saya membuat objek tumbuh2an dengan intensitas lebih banyak daripada singa dan manusia, manusia paling kecil,
maksudnya adalah kita merasa (sebagai manusia) bahwa kita adalah penguasa atas segalanya,
namun sesungguhnya fondasi itu diciptakan oleh para tumbuh2an, karena apabila tumbuh2an ngambek dan ga mau tumbuh lagi, mati-lah kita semua :S
objek hewan saya gunakan Singa, karena singa adalah lambang dari raja hutan atau raja dari para hewan :) jadi dgn menggambar singa, saya berharap, singa akan mewakilkan semua hewan yg ada :D

mari kita jaga kelestarian dari ke-3 unsur ini :)

terima kasih sudah berkunjung kemari :)

apabila ada yg ingin dikomentari silahkan :D


THIS DESIGN IS UP FOR SELL ! :)
WHEREVER YOU ARE, IF YOU LOVE THIS DESIGN,
CONTACT ME ON MY E-MAIL AT : denusentanu@gmail.com

the mockup looks like this :)




here's the full design, but in low resolution :)




regards,
Denu Sentanu,
Kuta Bali

mampir juga ke proses menggambar saya yang lain, disini 


ini gambar2 lama saya :D  disini

for foreign poeple :)
If you gonna comment this blogs, you're welcomed :D
i understand English too, but so sorry, i use my nations language on this blog, to keep the nationalism for my country :) hehehe..

2 komentar: